Kamera atau lensa?

Pilih mana?

Ketika mendalami dunia fotografi pasti muncul dalam benak kita kamera atau lensa?

Apakah akan memilih kamera yang biasa saja dengan lensa yang bagus atau lensa biasa saja dengan kamera yang bagus.

Dilema ini sangat membingunkan apalagi ditambah dengan budget yang terbatas. Agar budget kita bisa teralokasi sesuai target dan nggak menyesal dikemudian hari, yuk simak uraian penjelasannya berdasarkan pengalaman andimoto.

Pada masa perkembangan teknologi saat ini, kamera ataupun lensa memiliki peranan yang penting dalam mengolah kualitas gambar. Kamera dengan teknologi sensor dan processor mampu mengendalikan warna, kontras dan noise pada iso tinggi. Selain itu semakin bagus kinerja kamera maka semakin mudah dalam pengoperasian dan kecepatan autofokus.

Sedangkan lensa menentukan aperture/bukaan yang berhubungan dengan ketajaman, bokeh, warna, distorsi, chromatic abberation (ca) dan vignette.

Jenis fotografi yang kamu lakukan juga menentukan lho perbedaan kualitas keduanya, kalau kamu motret di studio atau di lokasi dengan cahaya yang cukup terang, kamera pemula dengan lensa basic yang murah pun sudah sangat mumpuni. Sebaliknya kalau kamu motret di kondisi cahaya yang gelap atau ingin motret secara berturut-turut dengan cepat, maka kamera yang bagus yang lebih baik.

Kesimpulannya, kamera dan lensa sama pentingnya guys, tapi kalau harus memilih, saya akan prioritaskan lensa yang bagus dahulu. Dari segi ekonomi harga kamera biasanya turun cukup cepat, sedangkan harga lensa turun tidak secepat harga kamera, cenderung stabil.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *