Tips fotografi long exposure

Tips fotografi Long eksposur dapat menghasilkan sebuah karya foto yang menakjubkan.

Pemotretan di malam hari dapat memunculkan detail yang tidak terduga dan menciptakan efek cahaya yang menakjubkan. Paparan siang hari dapat menciptakan gambar dengan suasana hati yang menghantui dan citra halus. Tidak ada yang benar-benar sulit untuk dicapai, tetapi fotografi long exposure ini membutuhkan sedikit pemikiran dan persiapan. Berikut ini beberapa tips fotografi long exposure untuk memudahkan Anda dalam fotografi.

1) Steady

Getaran adalah sesuatu yang hari dihindari dari fotografi long exposure. Getaran sekecil apa pun akan mengaburkan gambar. Terkadang Anda dapat menggunakan meja atau dudukan improvisasi, tetapi cara terbaik untuk menstabilkan kamera untuk fotografi long exposure adalah menggunakan tripod. Ini membuat kamera jauh lebih stabil daripada Anda dapat memegangnya atau mendukungnya di sebagian besar permukaan. Remote shutter release juga berguna, meskipun tidak sepenting tripod. Anda dapat menggunakan jeda kamera sehingga getaran apa pun yang disebabkan oleh shutter release tidak muncul di bidikan saat Anda mulai memotret fotografi long exposure. Namun, pada akhirnya, Anda akan membutuhkan remote shutter release.

Aperture ƒ/16 focal length 21mm shutter sped 30 detik ISO 100

2) Research

Anda dapat hanya melihat tempat yang terlihat menarik lalu atur, tetapi lebih baik untuk mempersiapkan sebelumnya. Setelah Anda tahu di mana Anda ingin mengambil gambar luangkan beberapa waktu untuk berjalan di sekitar area dan melihat tampilannya. Temukan tempat terbaik untuk mengatur jenis gambar yang ingin Anda ambil. Jika Anda berencana untuk memotret di siang hari, periksa cuaca untuk waktu yang akan Anda ambil. Anda akan menginginkan suatu hari yang sebagian berawan dengan angin untuk memberikan gerakan. Jika tidak ada angin dan awan yang bergerak, bidikan mungkin tidak terlihat berbeda dari foto normal.

Aperture ƒ/10 shutter speed 23 detik focal length 16 mm ISO 100

3) Compose Your Picture

Efek-efek bagus yang dapat Anda ciptakan dengan fotografi long exposure, penting untuk memperhatikan hal-hal yang penting bagi stabilitasnya. Dinding, bangunan, tanaman, apa pun yang ada di foto yang tidak akan bergerak selama eksposur sama pentingnya dengan efek total bidikan sebagai gerakan.

4) Plug the Leaks

Bawa filter yang dapat Anda gunakan jika diperlukan untuk memblokir kebocoran cahaya apa pun. Mereka bisa datang dari jendela bidik atau di tempat lain di kamera. Fotografi long exposure relatif baru sebagai metode fotografi umum. Kebocoran yang terlalu kecil untuk mempengaruhi tembakan normal dapat memiliki efek aneh ketika shutter release tetap terbuka selama beberapa menit atau jam.

Aperture ƒ/16 shutter speed 1/125 focal length 31mm ISO 50

5) Know the Light

Bahkan pada malam hari biasanya akan ada semacam cahaya selain bintang-bintang. Mungkin bulan. Dan kualitas cahaya bulan berubah seiring berjalannya bulan, atau bisa juga beberapa orang membuat sumber cahaya seperti kota atau bumi perkemahan. Beberapa tes singkat akan membantu Anda memahami tips fotografi bagaimana cahaya sekitar akan memengaruhi gambar Anda.

Aperture ƒ/4 shutter speed 30 detik focal length 10mm ISO 2500

6) Final Words

Fotografi long exposure adalah cara yang bagus untuk melihat dunia baru yang Anda potret setiap hari. Ini menciptakan rasa gerak dan misteri di foto yang tidak mungkin dalam foto normal. Tidak memerlukan lensa baru atau kamera khusus, jadi ambillah peralatan Anda dan perhatikan dunia di sekitar Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *